Oke, untuk membuat sebuah iklan cetak, Radio dan TV Commercial umumnya Agency periklanan selalu berdiskusi dengan sang klien, dalam tugas ini klien yang dimaksud adalah Honda, dan untuk membuat sebuah iklan yang baik maka tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah creative brief, creative brief adalah sebuah pintu pertama agency periklanan untuk mengolah iklan yang sebelumnya sudah ditentukan oleh sang klien. di dalam creative brief terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
Background Product
Tahap ini adalah bagaimana kita mengolah
sebuah materi yang diberikan oleh klien tentang produk yang akan diiklankan. Disini
kita juga akan menemukan benang merah dari produk tersebut untuk menggali poin
utama yang akan ditonjolkan supaya produk tersbut memiliki karakter. Setelah memelajari
sebuah produk (PCX 150) saya menggaris bawahi produk tersbut di dapatkan poin
utamanya adalah ELEGANT
Objective
Objektifitas iklan ini dibuat dengan tujuan
melakukan persuasi bagi para calon kunsumen untuk bisa membeli motor Honda PCX
150. Selain itu, dengan adanya iklan ini, diharapkan benak konsumen tentang
Honda PCX dapat semakin kuat. Dengan iklan ini diharapkan juga peningkatan
pemasaran dan angka penjualan semakin meningkat.
Jadi, objektivitas ini adalah untuk mempertegas
produk tersebut dengan menanamkan pesan ke dalam benak para konsumen bahwa Honda
PCX adalah produk yang Elegant, nyaman, dan Eksklusifitas dalam berkendara.
Segmentasi Produk
Tahap ke-3 ini adalah sebuah ranah atau
kalangan yang akan dituju oleh produk (Honda PCX 150), karena setiap produk
yang dibuat tentunya telah melalui sebuah tahap pengembangan dan riset yang
panjang, tentunya dengan pertimbangan yang matang juga supaya masyarkat
tertentu mendapatkan apa yang ia butuhkan, dan sudah kita ketahui juga
kebutuhan masyarakat akan sebuah kendaraan bermotor memiliki selera yang
beragam. Oke, karena ini adalah sebuah produk dengan identitas Elegant (PCX
150), maka tentunya kelas yang di bidik tentunya kelas kendaraan Premium. Jadi segmentasi
produk adalah sebuah ranah yang akan dituju oleh perusahaan dengan produknya.
Target market
Mungkin ini agak sedikit bias atau samar
dengan Segmentasi produk, tapi percaya lah ini adalah hal yang berbeda. Target market
lebih menarketkan produknya tersebut kepada khalayak secara personal dan lebih
menitik beratkan kepada usia, selera dan materi. Jika segmentasi produk memfokuskan ranah yang
akan dituju maka target khalayak lebih memfokuskan kepada personal konsumen.
Positioning/Promise Product
Setelah segmentasi produk dan target market
maka tahap selajutnya adalah memposisikan produk tersebut (Honda PCX 150) di
pasaran. Ini lebih kepada cita rasa dari produk yang dipasarkan jika nanti
ditinjau dari kualitas produk secara keseluruhan. Dengan sebuah Core atau inti yang Elegant, tentunya inti produk tersebut
mampu menjawab atau memenuhi segala janjinya terhadap inti tersebut nantinya.
Tone and manner
Ini adalah tahap dimana pembuat iklan
meniupkan roh atau nyawa dari produk yang akan diiklankan-nya tersebut. Tone and
manner merupakan cita rasa yang dibuat sedemikan supaya mampu mewakili karakter
dari sebuah produk tersebut.
Tahapan diatas adalah penjelasan dari saya
mengenai tahapan pembuatan iklan di sebuah agency periklanan. Tidak tertutup
kemungkinan ada beberapa tahapan yang dilalui dalam pembuatan iklan selain
penjelasan yang saya sebutkan tadi, karena sebuah produk tentunya memiliki
tujuan yang berbeda juga dalam penyususnan tahapan creative brief-nya.
Contoh Copywrite yang saya buat untuk Honda PCX
HEADLINE
: A
RIDE FROM FUTURE
SUBHEAD
:
NEW experience of elegance
TAGLINE :
Greatest Journey Start From Your Ride
Caption
:
Gambar motor honda PCX dan spesifikasinya
Body
Copy : Honda PCX adalah
perpaduan inovasi dan tekologi mesin terbaru untuk sensasi berkendara yang
belum pernah dirasakan sebelumnya serta ramah lingkungan. Dengan berbagai macam teknologi masa depan
yang dimiliki serta perpaduan desain yang elegan semakin membuatnya nyaman dan
tak tertandingi.
dan bagi yang ingin melihat bagaimana hasil TV Commercial yang saya buat bisa melihatnya di https://youtu.be/iUQrTCGUQDE
semoga tulisan yang saya sampaikan bisa bermanfaat untuk kalian semua, jika ada salah dan kekurangan mohon dimaafkan dan lupakan :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar